Welcome to my blog
Selasa, 22 Januari 2013
Tulisan dan tugas pengantar telematika(Story Board)
Selama saya mempelajari Mata kuliah Pengantar Telematika, saya sudah memposting tulisan sebanyak 14 tulisan dan memposting tugas sebanyak 3 tugas. Diantaranya :
Tulisan :
1. Judul : Definisi Telematika
Link : http://mofl-hyosokurama.blogspot.com/2012/10/definisi-telematika.html
Tanggal : 2012-10-10
Intisari : Secara umum, istilah telematika juga dipakai untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology), teknologi seperti ini sudah banyak dijumpai pada sebagian besar SmartPhone keluaran baru baik yang bersistem operasi terbuka ataupun tertutup (sistem operasi spesifik pabrikan)
2. Judul : ARSITEKTUR TELEMATIKA
Link : http://mofl-hyosokurama.blogspot.com/2012/10/arsitektur-telematika.html
Tanggal : 2012-10-10
Intisari : Klien-server merupakan sebuah paradigma dalam teknologi informasi yang merujuk kepada cara untuk mendistribusikan aplikasi ke dalam dua pihak: pihak klien dan pihak server. Dalam model klien/server, sebuah aplikasi dibagi menjadi dua bagian yang terpisah, tapi masih merupakan sebuah kesatuan yakni komponen klien dan komponen server. Komponen klien juga sering disebut sebagai front-end, sementara komponen server disebut sebagai back-end. Komponen klien dari aplikasi tersebut dijalankan dalam sebuah workstation dan menerima masukan data dari pengguna. Komponen klien tersebut akan menyiapkan data yang dimasukkan oleh pengguna dengan menggunakan teknologi pemrosesan tertentu dan mengirimkannya kepada komponen server yang dijalankan di atas mesin server, umumnya dalam bentuk request terhadap beberapa layanan yang dimiliki oleh server. Komponen server akan menerima request dari klien, dan langsung memprosesnya dan mengembalikan hasil pemrosesan tersebut kepada klien. Klien pun menerima informasi hasil pemrosesan data yang dilakukan server dan menampilkannya kepada pengguna, dengan menggunakan aplikasi yang berinteraksi dengan pengguna.
3. Judul : Kolaborasi Arsitektur
Link : http://mofl-hyosokurama.blogspot.com/2012/10/kolaborasi-arsitektur.html
Tanggal : 2012-10-10
Intisari : ARSITEKTUR JARINGAN CLIENT SERVER MERUPAKAN MODEL KONEKTIVITAS PADA JARINGAN YANG MEMBEDAKAN FUNGSI COMPUTER SEBAGAI CLIENT DAN SERVER. ARSITEKTUR INI MENEMPATKAN SEBUAH KOMPUTER SEBAGAI SERVER. NAHSERVER INI YANG BERTUGAS MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA TERMINAL-TERMINAL LAINNYA TANG TERHUBUNG DALAM SYSTEM JARINGAN ATAU YANG KITA SEBUT CLIENTNYA. SERVER JUGA DAPAT BERTUGAS UNTUK MEMBERIKAN LAYANAN BERBAGI PAKAI BERKAS (FILE SERVER), PRINTER (PRINTER SERVER), JALUR KOMUNIKASI (SERVER KOMUNIKASI)
DIBAGI DALAM 2 BAGIAN ARSITEKTUR YAITU :
ARSITEKTUR CLIENT SIDE
MERUJUK PADA PELAKSANAAN DATA PADA BROWSER SISI KONEKSI HTTP. JAVASCRIPT ADALAH SEBUAH CONTOH DARI SISI EKSEKUSI CLIENT DAN CONTOH DARI SISI PENYIMPANAN PADA CLIENT ADALAH COOKIE.
4. Judul : Layanan Telematika
Link : http://mofl-hyosokurama.blogspot.com/2012/10/layanan-telematika.html
Tanggal : 2012-10-10
Intisari : Berdasarkan Instruksi Pesiden Republik Indonesia (Inpres) nomor 6 tahun 2001. Pesatnya kemajuan teknologi telekomunikasi, media, dan informatika atau disingkat sebagai teknologi telematika serta meluasnya perkembangan infrastruktur informasi global telah merubah pola dan cara kegiatan bisnis dilaksanakan di industri, perdagangan, dan pemerintah. Perkembangan ilmu pengetahuan dan masyarakat informasi telah menjadi paradigma global yang dominan. Kemampuan untuk terlibat secara efektif dalam revolusi jaringan informasi akan menentukan masa depan kesejahteraan bangsa. Berbagai keadaan menunjukkan bahwa Indonesia belum mampu mendayagunakan potensi teknologi telematika secara baik, oleh karena itu Indonesia terancam “digital divide” yang semakin tertinggal terhadap negara-negara maju. Kesenjangan prasarana dan sarana telematika antara kota dan pedesaaan, juga memperlebar ruang perbedaan sehingga terjadi pula “digital divide” di dalam negara kita sendiri. Indonesia perlu melakukan terobosan agar dapat secara efektif mempercepat pendayagunaan teknologi telematika yang potensinya sangat besar itu, untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan mempererat persatuan bangsa sebagai landasan yang kokoh bagi pembangunan secara berkelanjutan. Di dalam hal ini pemerintah perlu secara proaktif dengan komitmen yang tinggi membangun kesadaran politik dan menumbuhkan komitmen nasional, membentuk lingkungan bisnis yang kompetitif, serta meningkatkan kesiapan masyarakat untuk mempercepat pengembangan dan pendayagunaan teknologi telematika secara sistematik.
5. Judul : Cara Kerja Jaringan Wireless
Link : http://mofl-hyosokurama.blogspot.com/2012/10/cara-kerja-jaringan-wireless.html
Tanggal : 2012-10-10
Intisari : Bagaimana ya caranya agar sebuah computer dapat berhubungan dengan computer lainnya?? Dengan tidak memakai kabel ataupun bersentuhan langsung secara fisik. Jawabannya adalah Wireless Network (Jaringan Wireless).
Berikut ini adalah penjelasan mengenai bagaimana cara kerja Jaringan Wireless
Di awal telah dijelaskan bahwa untuk menghubungkan sebuah computer yang satu dengan yang lain, maka diperlukan adanya Jaringan Wireless. Menurut sebuah buku yang bersangkutan, supaya komputer-komputer yang berada dalam wilayah JaringanWireless bisa sukses dalam mengirim dan menerima data, dari dan ke sesamanya, maka ada tiga komponen dibutuhkan, yaitu:
Sinyal Radio (Radio Signal).
Format Data (Data Format).
Struktur Jaringan atau Network (Network Structure).
6. Judul : Head Up Display System
Link : http://mofl-hyosokurama.blogspot.com/2012/10/head-up-display-system.html
Tanggal : 2012-10-31
Intisari : Head-up display, atau disingkat HUD, adalah setiap tampilan yang transparan menyajikan data tanpa memerlukan pengguna untuk melihat diri dari sudut pandang atau yang biasa. Nama Head-Up Display berasal dari penggunaan teknologi yang dilakukan user dengan melihat informasi dengan kepala "naik" dan melihat kedepan, bukan memandang miring ke instrumenyang lebih rendah.
Sejarah HUD
HUD pertama kali diperkenalkan pada tahun 1950-an, dengan adanya teknologi reflektif gunsight pada perang dunia ke dua. Saat itu, suatu tembakan dihasilkan dari sumber listrik yang diproyeksikan ke sebuah kaca. Pemasangan proyektor itu biasanya dilakukan pada bagian atas panel instrumen di tengah daerah pandang pilot, antara kaca depan
dan pilot sendiri.
7. Judul : Tangible user interface
Link : http://mofl-hyosokurama.blogspot.com/2012/10/tangible-user-interface.html
Tanggal : 2012-10-31
Intisari : A tangible user interface (TUI) is a user interface in which a person interacts with digital information through the physical environment. The initial name was Graspable User Interface, which no longer is used.
One of the pioneers in tangible user interfaces is Hiroshi Ishii, a professor in the MIT Media Laboratory who heads the Tangible Media Group. His particular vision for tangible UIs, called Tangible Bits, is to give physical form to digital information, making bits directly manipulable and perceptible. Tangible bits pursues seamless coupling between these two very different worlds of bits and atoms.
8. Judul : Computer Vision
Link : http://mofl-hyosokurama.blogspot.com/2012/10/computer-vision.html
Tanggal : 2012-10-31
Intisari : Computer Vision adalah ilmu dan teknologi mesin yang melihat, di mana lihat dalam hal ini berarti bahwa mesin mampu mengekstrak informasi dari gambar yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas tertentu. Sebagai suatu disiplin ilmu, visi komputer berkaitan dengan teori di balik sistem buatan bahwa ekstrak informasi dari gambar. Data gambar dapat mengambil banyak bentuk, seperti urutan video, pandangan dari beberapa kamera, atau data multi-dimensi dari scanner medis. Sebagai disiplin teknologi, computer vision berusaha untuk menerapkan teori dan model untuk pembangunan sistem computer vision.
9. Judul : Speech Recognition & Middleware Telematika
Link : http://mofl-hyosokurama.blogspot.com/2012/10/speech-recognition-middleware-telematika.html
Tanggal : 2012-10-31
Intisari : speech recognition yang artian dalam bahasa indonesianya adalah suatu alat pengenalan ucapan atau pengenalan wicara yaitu suatu pengembangan teknik dan sistem yang memungkinkan komputer untuk menerima masukan berupa kata yang diucapkan. Teknologi ini memungkinkan suatu perangkat untuk mengenali dan memahami kata-kata yang diucapkan dengan cara digitalisasi kata dan mencocokkan sinyal digital tersebut dengan suatu pola tertentu yang tersimpan dalam suatu perangkat. Kata-kata yang diucapkan diubah bentuknya menjadi sinyal digital dengan cara mengubah gelombang suara menjadi sekumpulan angka yang kemudian disesuaikan dengan kode-kode tertentu untuk mengidentifikasikan kata-kata tersebut. Hasil dari identifikasi kata yang diucapkan dapat ditampilkan dalam bentuk tulisan atau dapat dibaca oleh perangkat teknologi sebagai sebuah komando untuk melakukan suatu pekerjaan, misalnya penekanan tombol pada telepon genggam yang dilakukan secara otomatis dengan komando suara.
10. Judul : Manajemen Data Sisi Klien
Link : http://mofl-hyosokurama.blogspot.com/2012/12/manajemen-data-sisi-klien.html
Tanggal : 2012-12-07
Intisari : Manajemen Data yang terjadi pada sisi klien dapat kita pahami pada DBMS dibawah ini.
Mobile DBMS (Embedded/Ultra tiny/Java Database)
Merupakan suatu DBMS yang terdapat pada peralatan bergerak (mobile device). mobile DBMS adalah versi khusus dari sebuah departemen atau perusahaan DBMS. Ini dirancang untuk digunakan dengan remote pengguna yang biasanya tidak terhubung ke jaringan. DBMS memungkinkan mobile akses database lokal dan modifikasi pada laptop atau perangkat genggam, seperti PDA atau PocketPC Palm. Selanjutnya, mobile DBMS menyediakan mekanisme untuk sinkronisasi perubahan basis data jauh terpusat, perusahaan atau departemen server database.
11. Judul : Manajemen Data Sisi User
Link : http://mofl-hyosokurama.blogspot.com/2012/12/manajemen-data-sisi-user.html
Tanggal : 2012-12-07
Intisari : Menurut DAMA (Demand Assigned Multiple Access), Manajemen Data adalah pengembangan dan penerapan arsitektur, kebijakan, praktik, dan prosedur yang secara benar menangani siklus hidup lengkap data yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan. Jadi, Manajemen data telematika merupakan prosedur yang menangani siklus hidup lengkap data yang dibutuhkan oleh perusahaan dengan bantuan telematika
12. Judul : Manajemen data base system perangkat bergerak
Link : http://mofl-hyosokurama.blogspot.com/2012/12/manajemen-data-base-system-perangkat.html
Tanggal : 2012-12-07
Intisari : Manajemen data base system perangkat bergerak
Pesatnya perkembangan bagi komunikasi bergerak mendorong para operator layanan berlomba untuk memperkaya macam layanannya guna menambah pemasukan bagi perusahaanya. Komunikasi data bergerak, misalnya untuk akses internet. Pengenalan WAP (Wireless Application Protocol) telah menunjukkan potensi sebagai layanan internet nirkabel/ WAP merupakan protocol global terbuka yang memungkinkan para pengguna mengakses layanan-layanan on-line dari layar kecil pada telepon genggam dengan menggunakan built-in browser. WAP bekerja pada berbagai teknologi jaringan bergerak, yang memungkinkan pasar missal bagi penciptaan layanan data bergerak.
13. Judul : Spesifikasi Dari OSGI (open service gateway initiative)
Link : http://mofl-hyosokurama.blogspot.com/2012/12/spesifikasi-dari-osgi-open-service.html
Tanggal : 2012-12-07
Intisari : Inti bagian dari spesifikasi adalah suatu kerangka kerja yang mendefinisikan aplikasi model manajemen siklus hidup, sebuah layanan registrasi, sebuah lingkungan eksekusi dan modul. Berdasarkan kerangka ini, sejumlah besar OSGI layers, API, dan Jasa telah ditetapkan. Spesifikasi OSGI yang dikembangkan oleh para anggota dalam proses terbuka dan tersedia untuk umum secara gratis di bawah Lisensi Spesifikasi OSGI. OSGI Alliance yang memiliki program kepatuhan yang hanya terbuka untuk anggota. Pada Oktober 2009, daftar bersertifikat OSGI implementasi berisi lima entri.
14. Judul : ARSITEKTUR OSGi
Link : http://mofl-hyosokurama.blogspot.com/2012/12/arsitektur-osgi.html
Tanggal : 2012-12-07
Intisari : OSGi adalah sebuah set spesifikasi yang mendefinisikan sebuah komponen system dinamik untuk Java. Spesifikasi ini memungkinkan sebuah model pengembangan dimana aplikasi (secara dinamik) terdiri dari berbagai komponen yang berbeda. Spesifikasi OSGi memungkinkan komponen-komponennya untuk menyembunyikan implementasinya dari komponen lainnya ketika berkomunikasi melalui services dimana biasanya ketika hal ini berlangsung implementasi antar komponen dapat terlihat jelas. Model yang simple ini telah jauh mencapai efek dari segala aspek dari proses pengembangan software.
TUGAS :
1. Judul : Perkembangan telematika dan trend ke depan telematika
Link : http://mofl-hyosokurama.blogspot.com/2012/10/perkembangan-telematika-dan-trend-ke.html
Tanggal : 2012-10-09
Intisari : Perkembangan telematika saat ini telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Pada segi hardware, telah banyak bermunculan produk-produk IT muktahir yang lebih kecil, cepat dan efisien dengan format-format unik yang berbeda. Misalnya saja telepon selular dengan koneksi wifi, notebook dengan ukuran lebih kecil sehingga memudahkan keleluasaan mobilitas bagi penggunanya serta yang tidak kalah penting adalah tersedianya akses hotspot dimana-mana sehingga hampir setiap orang dapat mengaksesnya.
2. Judul : apa pendapat anda tentang "teknologi interface" dan lngkungan komputasinya
Link : http://mofl-hyosokurama.blogspot.com/2012/10/apa-pendapat-anda-tentang-teknologi.html
Tanggal : 2012-10-31
Intisari : Secara khusus interface juga dapat diartikan yaitu suatu fungsi atribut atau sensor dari suatu system yaitu perangkat lunak (software), aplikasi , kendaraan (alat transfortasi) dll, yang berhubungan dengan pengoperasiannya oleh user. Sebagai contoh kita ambil saja pc dalam pc desktop terdiri dari bermacam-macam hardware seperti cpu, monitor, keyboard, mouse dll dan beberapa program aplikasi (software) dimana hardware dan software tadi dihubungkan dengan yang namanya system operasi dan tampilan yang dihasilkan oleh gabungan system tadi disebut antarmuka (interface).
3. Judul : Kolaborasi Antar muka Otomotif Multimedia
Link : http://mofl-hyosokurama.blogspot.com/2012/12/kolaborasi-antar-muka-otomotif.html
Tanggal : 2012-12-06
Intisari : Kolaborasi Antar muka Otomotif Multimedia adalah sebuah kelompok yang dibuat oleh pembuat (maker) untuk menciptakan standar umum yang digunakan untuk mengatur bagaimana cara kerja perangkat elektronik, seperti komputer dan hiburan unit, berkomunikasi dengan kendaraan. Dan memiliki anggota: Fiat, Ford, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA Peugeot-Citroen, Renault.
Sedangkan pengertian AMI-C adalah organisasi global yang mewakili mayoritas dunia produksi kendaraan. AMI-C mengembangkan dan standarisasi yang umum multimedia dan telematika otomotif antarmuka untuk kendaraan jaringan komunikasi.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar