Welcome to my blog

blog pemula maaf kalo banyak kekurangannya
^^

Jumat, 28 Juni 2013

Jelaskan berikut dgn gmbr dr struktur storage sistem multitasking, sistem unit programming , sistem komputasi batch !

1.  struktur storage sistem multitasking


Multitasking adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa inggris yang mengacukepada sebuah metode dimana banyak pekerjaan atau dikenal juga sebagai proses diolah dengan menggunakan sumber daya CPU yang sama. Contoh sistem operasi jenis ini antara lain adalah linux. Linux adalah sistem operasi yang multitasking danmultiuser seperti kebanyakan SO yang ada pada saat ini. Multitasking pada linux artinya linux bisa atau mampu menjalankan beberapa proses dalam waktu yang bersamaan.

2. sistem unit programming



Unit Sistem adalah kotak yang mengandung komponen-komponen elektronik dari komputer yang digunakan untuk proses data. Biasanya disebut dengan Chasseing /Chassis. 
Komponen-komponen yang ada di dalam unit system,seperti:

1. Processor
 
Berfungsi mengartikan dan membawa keluar perintah-perintah dasar untuk mengoperasikan sebuah komputer.
Pada processor terdapat CU (Control Unit) dan ALU (Arithmetic Logic Unit). Dimana CU berfungsi sebagai unit control langsung dan menyelaraskan operasi-operasi dalam komputer (semua perangkat yang terpasang di komputer, mulai dari input device sampai output device). Sedangkan ALU sendiri bertugas melakukan aritmatika, perbandingan, dan operasi-operasi logika terhadap pengolahan suatu data.
 
Putaran Mesin, merupakan 4 operasi-operasi dari CPU yang terdiri dari:
 
• Step 1: Mengambil; mendapatkan petunjuk-petunjuk program atau data dari memori.
• Step 2: Pengkodean; mengubah petunjuk-petunjuk menjadi perintah.
• Step 3: membawa; membawa koment (eksekusi, menjalankan).
• Step 4: Penyimpanan; menulis hasil ke memori.
 
System Clock, berfungsi mengontrol waktu untuk semua operasi-operasi komputer dan menghasilkan pulse electronic yang reguler, atau detik, serta berfungsi untuk menge-set operasi langkah dari komponen-komponen, dari Unit System.
 
2. Memory atau Primary Storage
 
Memori dipergunakan sebagai peralatan sementara dari penyimpanan data atau intruksi. Memory dipergunakan untuk menyimpan:
 
• Data yang menunggu untuk memproses.
• Intruksi yang dipanggil dari software yang dipergunakan untuk memproses data atau mengendalikan system komputer.
• Data atau informasi yang telah diproses.
 
 Memory komputer dapat dibedakan menjadi 2 macam, yakni:

1). Read Only Memory (ROM), yaitu memory yang hanya bisa dibaca saja, tidak dapat dirubah dan dihapus, dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer. Isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupkan. Perintah yang ada [ada ROM sebagian akan dipindahkan ke RAM. Perintah yang ada di ROM antara lain adalah perintah untuk membaca system operasi dari disk, perintah untuk mencek semua peralatan yang ada di unit system dan perintah untuk menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik. Tapi pada saat sekarang ini ROM telah mengalami perkembangan dan banyak macamnya, seperti:
• PROM (Programable ROM) yaitu ROM yang bisa kita program kembali dengan catatan hanya boleh satu kali perubahan setelah itu tidak dapat lagi deprogram.
• RPROM (Re- Programable ROM) merupakan perkembangan dari versi PROM dimana kita dapat melakukan perubahan berulang kali sesuai dengan yang diinginkan.
• EPROM (Erasable Programable ROM) merupakan ROM yang dapat kita hapus dan program kembali, tapi cara penghapusannya dengan menggunakan sinar ultraviolet.
• EEPROM (Electrically Erasable Programable ROM) merupakan perkembangan mutakhir dari ROM dimana kita dapat mengubah dan menghapus program ROM dengan menggunakan teknik elektrik. EEPROM ini merupakan jenis paling banyak digunakan saat ini.
 
2). Random Access Memory (RAM), adalah memori yang dapat diakses secara random. RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu (power on) jika komputer kita matikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang. RAM bertujuan untuk mempercepat pemrosesan data pada komputer.
 
3). Kartu Adapter, meliputi:
• Sound card.
• Modem card.
• Video card.
• Network card.
 
4). Ports.
 
 5). Drive bays.

6). Power Supply.

3. sistem komputasi batch



Batch processing adalah pelaksanaan dari serangkaian program (“pekerjaan”) pada komputer tanpa intervensi manual.
Pekerjaan Batch ditetapkan sehingga mereka dapat dijalankan sampai selesai tanpa intervensi manual, sehingga semua data input dipilih sebelumnya melalui script atau parameter baris perintah. Hal ini berbeda untuk “online” atau program interaktif yang meminta pengguna untuk input tersebut. Sebuah program membutuhkan set file data sebagai masukan, memproses data, dan menghasilkan satu set file output data. Lingkungan operasi ini disebut sebagai “batch processing” karena input data dikumpulkan ke dalam batch file dan diproses dalam batch oleh program ini.
Manfaat Batch Processing
Batch processing memiliki manfaat:
 
* Hal ini memungkinkan berbagi sumber daya komputer antara banyak pengguna dan program,
* Ini menggeser waktu pemrosesan pekerjaan untuk saat sumber daya komputasi kurang sibuk,
* Ini menghindari diparkir sumber daya komputasi dengan intervensi manual oleh menit-menit dan pengawasan,
* Dengan menjaga tingkat pemanfaatan yang tinggi secara keseluruhan, lebih baik lurus mengamortisasi biaya komputer, terutama salah satu yang mahal.
Sejarah
Batch processing telah dikaitkan dengan komputer mainframe sejak hari-hari awal komputasi elektronik di tahun 1950-an. Ada berbagai alasan mengapa batch processing didominasi komputasi awal. Salah satu alasannya adalah bahwa masalah bisnis yang paling mendesak untuk alasan profitabilitas dan daya saing adalah masalah akuntansi yang terutama, seperti penagihan. Penagihan secara inheren proses bisnis berorientasi batch, dan praktis setiap bisnis tagihan harus, handal dan tepat waktu. Selain itu, setiap sumber daya komputasi yang mahal, sehingga penyampaian berurutan pekerjaan batch cocok kendala sumber daya dan evolusi teknologi pada saat itu. Kemudian, sesi interaktif dengan baik interface komputer berbasis teks terminal atau antarmuka pengguna grafis menjadi lebih umum. Namun, komputer awalnya bahkan tidak mampu memiliki beberapa program dimuat ke memori utama.
Batch processing masih meresap dalam komputasi mainframe, tapi hampir semua jenis komputer sekarang mampu setidaknya beberapa batch processing, bahkan jika hanya untuk “rumah tangga” tugas. Itu termasuk komputer berbasis UNIX, Microsoft Windows, Mac OS X, dan bahkan smartphone, semakin. Virus scanning adalah bentuk batch processing, dan begitu juga dijadwalkan pekerjaan yang secara berkala menghapus file-file sementara yang tidak diperlukan lagi. E-mail sistem sering memiliki pekerjaan batch yang secara berkala arsip dan kompres pesan lama. Seperti komputer pada umumnya menjadi lebih meresap dalam masyarakat dan di dunia, pengolahan begitu juga akan batch.

sumber :

http://infomugi.blogspot.com/2013/04/pengertian-multitasking.html
http://blognapibelog.blogspot.com/2009/07/komponen-komponen-dari-unit-system.html 
http://dokumenkuliah.wordpress.com/tag/memperkenalkan-batch-processing-system/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar