Welcome to my blog

blog pemula maaf kalo banyak kekurangannya
^^

Sabtu, 27 November 2010

Mengenal si Manis Coklat

Mengenal si Manis Coklat

Coklat (Theobroma cacao). Makanan unik berwarna coklat ini sungguh nikmat tiada tara. Teksturnya yang pahit legit menggoda siapa saja yang melihatnya. Suku Aztec dan Maya di Mexico percaya bahwa Dewa Pertanian mengirimkan cokelat yang berasal dari surga untuk mereka. Seorang spanyol, Hernando Cortez, membawa cokelat ke negrinya dan mencampurkan cokelat dengan gula. Rasanya yang sedap membuat cokelat populer dinegara perancis, inggris, dan belanda.
Pada tahun 1765, Amerika Serikat mendirikan pabrik cokelat pertamanya di Massachussets. Sedangkan swiss terkenal sebagai Negara yang memiliki produk cokelat yang lezat dan berkualitas tinggi. Kini, coklat maupun produk olahanya mudah dijumpai diseluruh belahan dunia.
Beragam jenis coklat tersedia dipasaran, mulai dari minuman hingga makanan kecil yag menggunakan bahan coklat. Secara garis besar,coklat dapat terbagi menjadi :
1. Dark chocolate (cokelat pekat)
Dark chocolate memiliki kandungan biji coklat (cacao) yang paling tinggi yaitu minimal 70persen. Selain itu, dark chocolate tidak mengandung banyak dan tanpa lemak jenuh atau minyak sayur terhidrogensi(HVO). Seperti namanya, dark chocolate berwarna coklat kehitaman.

2. White chocolate (cokelat putih)
White chocolate memiliki 33 persen kandungan kakao. Sisanya adalah gula, susu, vanilla. Campuran inilah yang membuat tekstur coklat menjadi berwrna putih.

3. Milk chocolate atau cokelat susu.
Milk chocolate atau coklat susu merupakan campuran kakao dengan susu dan ditambah gula. Coklat jenis ini juga sangat digemarikarena rasanya yang nikmat. Milk chocolate berwarna coklat muda, lebih terang daripada dark chocolate. Ada baiknya berhati-hati dalam memilih coklat. Sebab, saat ini terdapat coklat dengan kandungan kakao yang sangat sedikit, yaitu kurang dari 20persen. Kandungan lemak jenuh dan gula dalam coklat ini sangat tinggi. Bahkan terkadang mengandung minyak sayur terhidrogensi(HVO) sehingga dapat mengakibatkan kerusakan gigi dan gangguan kesehatan seperti diabetes. Jika ingin mencicipi sensasi kelembutan cokelat, pilihlah cokelat yang jelas kandungan dan kualitasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar