Welcome to my blog

blog pemula maaf kalo banyak kekurangannya
^^

Senin, 26 Maret 2012

tema 2 : Wirausaha Mandiri Mahasiswa

LATAR BELAKANG
Di awali dari usaha kecil-kecilan kita bisa membuat sebuah usaha yang bisa menjadi besar kelak nanti jia kita bisa mengolah usaha itu dengan baik, wirausaha mandiri harus kitapupuk pada saat kita menginjak bangku kuliah dan sampai seterusnya.
ISI
Mahasiswa Pengusaha Raih Juara Wirausaha Mandiri
Kuliah dan wiraswasta bisa saling menunjang seperti dijalankan oleh Fauzan Rachmansyah. Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) itu, membuka gerai minuman susu dan menyekolahkan para karyawannya.
Dia mengibarkan bendera usaha PT Kalimilk-PT Farbis Indonesia. Kalimilk merupakan akronim Kaliurang Mlik, menyesuaikan lokasi usahanya di bawah bukit Kaliurang. “Susu yang kami jual juga berasal dari warga di sekitar Kaliurang antara lain Pakem, Wonorejo dan Cangkringan. Kami jadikan mereka semacam petani binaan,” ujar dia, Rabu (25/1).
Dia mengaku tak menyangka bisa meraih juara utama karena terdapat 3.751 peserta dari 385 Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia. Ketika masuk penyisihan yang diikuti 69 peserta, dirasakan sudah cukup. Namun, juri memberikan penilaian lebih bagi usahanya sehingga tersaing ke kelompok 37 sampai akhirnya menjadi juara.
“Kami mendapat hadiah Rp 50 juta dari Bank Mandiri pada malam penganugerahan di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, Jumat, 20 Januari 2012,” ujar dia.
Dia mengaku bangga karena latarbelakangnya bukan mahasiswa ekonomi, tetapi trik usahanya dianggap sangat bagus. Di antara nilai lebih usahanya, kata dia, sikap berbagi kepada karyawan. Semua karyawan berhak atas beasiswa sekolah.
Pulung Agung Dinugraha megakui keunggulan usaha rekannya. Mahasiswa Fakultas Ekonomi UII yang membuka usaha hiburan fabeout DJ School, juga menjadi peserta wirausaha mandiri, dan berhasil sampai final. Namun, usahanya tidak lebih unggul dari Fauzan Rachmansyah.
Rektor Bidang Akademik UII Dr. Nandang Sustrisno menyatakan wirausaha menjadi bagian dari target studi mahasiswanya meskipun program studi di UII sangat beragam, tidak didominasi program ekonomi. Data administrasi UII, sebanyak 8 persen alumni UII menjadi wirausaha. Alumni terbanyak menjadi wirausaha dari program Teknik Lingkungan (28,6 persen), Statistika (25 persen), dan Program studi Manajemen (18,2 persen).
“Kami akan memperkuat pendidikan soft skill wirausaha bagi mahasiswa program studi ekonomi maupun non-ekonomi untuk menumbuhkan mahasiswa wirausaha dan penyedia lapangan kerja,: ujar dia.

KESIMPULAN
Bahwa selagi kita masih kuliah dan mempunyai banyak tman jangan sia-siakan masa kuliah untuk membuat usaha kecil-an maka dari yang kecil akan menjadi besar.

daftar pustaka
http://www.pikiran-rakyat.com/node/174280

Tidak ada komentar:

Posting Komentar