Welcome to my blog

blog pemula maaf kalo banyak kekurangannya
^^

Senin, 21 Mei 2012

TUGAS 2 BAHASA INDONESIA 2


PENDAHULUAN
Setiap orang punya topeng dirinya masing-masing. Selalu ada yang disembunyikan oleh seseorang dan tak pernah orang lain tahu. Orang-orang seperti ini yang disebut Joker, dimana orang lain tak pernah tahu apa isi sebenarnya orang tersebut.
Ini yang membuat saya tertarik dengan novel ini tentang “JOKER” yang mempunyai dua kepribadian.

  Isi Buku (Sinopsis)
  “JOKER”
Novel Joker bercerita tentang kehidupan dua tokoh bernama Brama dan Alia. Dua tokoh yang sangat kontras dalam hal kepribadian. Brama adalah seorang lelaki pendiam yang dianggap aneh oleh orang-orang sekitarnya, namun menurut Brama, orang-orang disekitarnya lah yang sudah bersikap aneh. Sementara Alia adalah seorang lajang dengan fantasi liar. Di dalam pikirannya lebih banyak berkisar kemaluan pria dan pemuas hawa nafsu seksnya saja.


Ada tiga jenis novel dalam pandangan saya, yaitu ; novel bagus dengan penceritaan buruk, novel buruk dengan penceritaan bagus dan novel bagus dengan penceritaan bagus. Dan Joker adalah jenis ketiga dalam pandangan saya. Penceritaan Joker yang dituliskan oleh Valiant Budi (Vabyo) sangat berbeda. Membaca novel seperti menyusun puzzle, dimana setiap cerita di Bab dalam novel Joker merupakan potongan-potongan puzzle yang berbeda, namun direkatkan oleh ending. Awal-awal membaca Joker, saya terkesan dengan gaya tulisan yang elegan. Perpaduan antara gaya tulisan yang jujur dan apa adanya dengan gaya tulisan yang puitis romantis.


Gaya penulisan Vabyo ini membuat pembaca digiring pada sebuah opini, yang ternyata opini tersebut tidaklah semuanya benar. Seperti Joker yang mampu menutupi semua isi sebenarnya. Vabyo membuat pembaca tercengan dengan ending yang mementahkan setiap logika dan asumsi yang sudah dibangun di Bab sebelumnya.


Selain cara penulisannya yang elegan, di novel Joker, Vabyo juga menyelipkan beberapa quotes-quotes yang simple, apa adanya, jujur, namun sangat mengena.


"Cinta itu seperti rasa lapar. Lo bakal milih makanan yang sesuai selera buat bikin kenyang. Nafsu adalah selera itu sendiri. Dan kadang kalo kita ngelihat makanan yang sesuai selera, kita gak butuh rasa lapar lagi." (Hal. 18)


"Waktu itu bisu! Selamanya gak akan pernah bisa jawab!" (Hal. 46)


"If you can't beat them, so just be them!" (Hal. 130)


"Gula bakalan kerasa lebih manis setelah makan yang pahit-pahit." (Hal. 214)


"Setiap kebenaran akan datang pada setiap kesalahan." (Hal. 215)


KOMENTAR PENULIS

Joker adalah novel debut karya Valiant Budi. Karya perdana yang menjadikannya salah satu nominator Penulis Muda Berbakat Khatulistiwa Literaty Award tahun 2007. Joker dicetak ulang oleh penerbit gagasmedia untuk menjawab permintaan pembaca yang menginginkan hidupnya kembali sang Joker.


KESIMPULAN


Membaca Joker seperti membaca kehidupan penyiar yang diceritakan dalam tokoh Brama. Bagaimana nasib seorang penyiar bersama masalah-masalah umum yang dihadapinya. Vabyo juga dengan cerdas menyusun setiap cerita dengan ganjil, dimana pembaca akan bertanya-tanya apa yang terjadi sebenarnya. Puisi-puisi singkat yang terdapat dalam bagian bab per bab di novel Joker semakin menambah pembaca bingung untuk menebak arah cerita. Membuat pembaca berfikir dengan banyak opsi, menebak siapa yang menjadi Joker sebenarnya. Dan ending yang disajikan oleh Vabyo baru bisa menuntaskan setiap pertanyaan yang ada di benak pembaca.


Namun dibalik penulisan yang elegan, tetap ada celah didalamnya. Penulisan yang seperti potonngan puzzle ini membuat pembaca yang tidar sabaran akan segera meninggalkan novel ini saat baru setengah membaca. Sebab ada di beberapa bagian bab yang terasa menjemukan dan sangat tidak nyambung.  Lalu kelemahan selanjutnya adalah ketidak-konsistenan dalam penulisan. Vabyo membuka penceritaan novel Joker dengan bab awal yang sangat tidak menggigit dan cenderung membosankan, serta tidak nyambung sama sekali dengan bab keduanya.


Diantara kelemahan dan kelebihan yang terdapat di novel Joker, saya mengapresiasi Vabyo yang mampu menuliskan karya ini sebagai karya debutnya di dunia penulisan. Karya yang cukup elegan dan 'berbeda' dengan novel kebanyakan yang terbit di tahun 2007. Saya memberi rating 7 dari 10 bintang.

DAFTAR PUSTAKA
http://danisblogbuku.blogspot.com/2012/01/resensi-novel-joker.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar